JENIS-JANIS USAHA

Untuk membantu anda dalam menemukan peluang usaha apa ang cocok untuk anda kerjakan, berikut di bawah ini adalah 22 peluang usaha dengan modal kecil yang bisa anda jadikan referensi dalam memili.
Bidang makanan

1.    Usaha Catering

Usaha pertama adalah usaha catering. Bisa dibilang usaha catering adalah salah satu usaha di bidang makanan yang sangat menjanjikan keuntungan besar. Peluang untuk usaha catering terbuka cukup lebar bakan jika tempat tinggal anda berada di desa sekalipun.

usaha catering

Target pasarnya adalah orang – orang atau oganisasi yang memiliki acara atau hajat. Contonya adalah pernikahan, acara kelulusan, acara keagamaan yang membutuhkan makanan dalam jumlah banyak, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahuilebih lanjut mengenai cara memulai bisnis ini anda bisa baca artikel selengkapnya di sini.

2.    Usaha Seafood

Siapa yang bilang usaha sea food harus bermodal besar. Jika anda memperhatikan usaha seafood bakan bisa dimulai dari pinggir jalan namun tetap beromzet puluhan juta tiap bulannya.

peluang usaha seafood

Apakah anda tahu cara yang tepat dalam memulai dan menjalankan  usaha seafood walaupun tidak dengan modal yang besar? Perencanaannya sebenarnya tidak terlalu rumit. Utnuk mengetahui selengkapnya mengenai cara memulai usaha seafood, seperti pemilihan tempat dan baan baku, anda bisa baca artikelnya di sini.

3.    Usaha Jus Buah

Walaupun tidak terlihat bergengsi, namun jangan salah. Usaha jus buah bisa mendatangkan keuntungan yang besar karena margin harga bahan baku dengan harga jual yang cukup besar yaitu sekitar 150% sampai 300%.

usaha jus buah

Alat yang dibutuhkan pun sederhana, murah, dan tidak terlalu sulit didapat. Anda hanya membutuhkan alat pembuat jus yang harganya tidak sampai jutaan. Ketahui lebih banyak mengenai usaha jus ini di sini.

4.    Usaha Jual Es Batu

Jika rumah anda memiliki lemari pendingin yang ada frezer nya, kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk memulaibisnis sederhana yaitu berjualan es batu dirumah. Meskipun keuntungan nya tidak terlalu besar, akan tetapi cukup lumayan untuk tetap menambah uang belanja keluarga. Simak selengkapnya di sini.

usaha rumahan es batu

Usaha rumahan

5.    Usaha Rumahan Toko Kelontong

Walaupun toko kelontong banyak bertebaran, akan tetapi tetap saja memiliki banyak pelanggan. Jenis usaha ini menurut saya adalah usaha rumahan yang menarik. Selain karena modal yang relatif tidak besar, toko kelontong juga menjual ampir seluruh kebutuhan rumah tangga sehari – hari jadi selain kita menjual, kebutuhan rumah tangga kita juga terpenuhi.

usaha rumahan toko kelontong

6.    Usaha Laundry

Jika anda tinggal di perumahan yang sibuk, atau di sekitar kampus yang memiliki banyak anak kos, usaha jasa laundry bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Bermodal mesin cuci dan pengering baju sudah cukup untuk menghasilkan penghasilan harian setiap harinya.

usaha laundry rumahan

7.    Usaha Jahit Rumahan

Untuk usaha ini, anda harus memiliki keterampilan menjahit. Jika tidak, anda harus mempekerjakan pegawai yang memiliki kemampuan yang memadai. Terkadang mencari pegawai yang memiliki keterampilan yang memadai bisa menjadi hal yang tidak mudah.

peluang usaha jahit

Namun jika anda berhasil mengatasi masalah tersebut, usaha ini menjanjikan keuntungan yang banyak. Tidak jarang orang yang ingin membuat baju sesuai ukurannya dan tidak membelinya secara langsung di toko baju. Ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupia bisa anda terima dari hasil jasa satu potong baju yang anda kerjakan.

8.    Usaha Jual Pulsa Dan Vouhcer

Di jaman sekarang ini hampir setiap orang memiliki hanphone yang pastinya membutuhkan pulsa untuk dapat melakukan kegiatan berkomunikasinya. Orang – orang tersebutlah yang menjadi target pasar anda. Tidak hanya itu, rumah – rumah sekarang juga sudah banyak yang menggunakan sistem prabayar. Jika anda bisa menjadikan setiap tetangga anda sebagai pelanggan setia, maka anda tidak perlu susah susah lagi untuk mencari konsumen. untuk lebih lengkapnya baca di sini .

peluang penjual voucher

9.    Usaha Les Private

Les private sudah menjadi kebutuhan di jaman sekarang. Untuk bisa berprestasi di sekolah tidak setiap anak memiliki kemampuan belajar yang sama. Makanya tidak jarang anak – anak membutukan les private untuk bisa memahami pelajaran sekolah dengan baik.

peluang usaha les private

10.    Usaha Penitipan Anak

Tempat penitipan anak adalah kebutuhan dari para orang tua yang yang memiliki kesibukan dan tidak bisa menjaga anaknya saat beraktifitas. Jika lingkungan anda memiliki banyak orang tua seperti itu, maka usaha penitipan anak bisa menjadi solusi usaha yang layak dijalankan. Tidak tanggung tanggung tempat penitipan dengan kualitas yang bagus bisa mematok tarif per jam yang lumayan mahal. Pelajari lebih lanjut di sini.

usaha penitipan anak

Peternakan dan Budidaya

11.    Usaha Ternak Ayam Potong

Kebutuhan akan daging ayam saat ini melebihi jumlah daging ayam yang bisa terpenuhi. Oleh karena itu usaha ternak ayam potong memiliki prospek penjualan yang bagus dan arga yang relatif terjaga. Untuk mengetahui bagaimana cara memulai usaha ternak ayam potong, anda bisa menyimak artikel mengenai hal tersebut di sini.

peternakan ayam potong

12.    Usaha Budidaya Ikan Cupang

Tahukah anda bahwa diluar sana terdapat banyak sekali penggemar ikan hias? Dan cupang adalah termasuk ikan yang memiliki banyak penggemar. Alasan kenapa budidaya ikan ini patut untuk dijadikan usaha adalah karena banyaknya peminat dan mudahnya dalam hal perawatan.

budidaya ikan arwana

Ikan cipang tidak membutuhkan tempat yang luas. Anda bisa melakukannya dirumah. Sedangkan untuk perawatan, ikan ini cukup mudah dan tidak akan mengganggu kegiatan anda yang lain.

13.    Usaha Budidaya Ikan Arwana

Ikan arwana pernah mencapai masa keemasan beberapa tahun lalu. Ikan ini bahkan masih memiliki penggemar yang cukup banyak hingga sekarang. Ikan unik yang panjangnya bisa mencapai satu meter ini juga cukup diburu oleh para pecinta ikan hias.

budidaya ikan arwana

Selain anda menjual kepada pengecer, ikan arwana juga merupakan komoditas ekspor yang bagus. Hotel dan perusahaan juga sering menggunakan ikan ini untuk menghiasi ruangan. Dalam hal dekorasi ikan ini cukup sering digunakan.

14.    Usaha Kolam Pemancingan

Saat ini banyak sekali tempat yang menawarkan rekreasi yang murah dan tetap menyenangkan. Biasanya tempat seperti inila yang dicari. Kolam pemancingan adalah salah satu tempat rekreasi murah yang patut untuk dijalankan.

usaha kolam pemancingan

Tempat pemancingan juga bisa dilakukan bersamaan dengan rumah makan. Orang-orang biasanya lebih tertarik dengan hal-hal yang ada unsur kesenangan didalamnya. Daripada anya pesan dan makan, bukankah akan lebih menyenangkan jika apa yang akan kita makan adalah kita sendiri yang menangkapnya. Banyak usahawan yang menggunakan teknik ini dalam menjalankan usaha mereka yaitu dengan menamba unsur kesenangan di dalamnya.

Bidang lain

15.    Usaha Makelar atau Broker

Menjadi makelar memiliki banyak keuntungan diantaranya anda tidak perlu membeli produk yang anda jual karena anda hanya bersifat menjualkan. Walaupun bersifat menjualkan anda bisa menetapkan harga sesuai keinginan anda. Contoh makelar dengan penghasilan yang besar adalah makelar properti dengan keuntungan per unit rumah yang bisa ia jualkan bisa mencapai puluhan juta sampai ratusan juta rupiah.

usaha makelar atau broker

16.    Usaha Kios Koran Dan Majalah

Pernakah anda perhatikan kenapa ada banyak sekali meia koran dan majalah yang bermacam-macam jenisnya beredar dipasaran? Jawabannya adalah karena koran dan majalah dibutuhkan ole masyarakat. Kebutuhan akan informasi adalah dasarnya. Makannya tidak heran jika banyak sekali media cetak yang terbit bakan mulai dari yang harian, mingguan, dll.

peluang usaha kios koran dan majalah

Dimana ada permintaan disitu ada peluang. Setidaknya itu yang menjadi landasan dalam mencari sebuah peluang usaha. Untuk itu, kenapa tidak kita manfaatkan peluang yang ada ini. Buka dengan menjai penerbit media cetak, akan tetapi jadilah yang mendistribusikan nya ke masyarakat. Saya yakin ini akan jauh mengurangi beban anda jika modal anda pas-pasan. Untuk menyimak selengkapnya mengenai usaha kios koran ini, ada baiknya anda simak artikel nya di sini.

17.    Usaha Sablon

Modal kecil, pengelolaan yang mudah, dan resiko yang rendah menjadi daya tarik dari bisnis ini. Usaha sablon memiliki keuntungan yang lumayan yaitu dari 10% hingga 50% dari biaya total per sablon. Belum lagi pada momen-momen tertentu dimana jasa sablon sangat diburu dan dibutukan seperti pemilu, pilkada, dan lain-lain, omzet usaha sablon ini akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

peluang usaha sablon

18.    Usaha Kaos Distro

Usaha di bidang fashion tidak perna mati. Konsumen yang sangat banyak dan permintaan yang selalu ada, menjadikan bisnis clothing layak untuk dijalankan. Tidak usah pusing. Cukup pantau tren yang sedang berkembang dan ikuti tren tersebut maka bisnis anda akan berjalan baik.

usaha kaos distro

Untuk bisnis ini, target konsumen anda biasanya kebanyakan adalah anak muda. Karena anak-anak muda sangat peka teradap tren terbaru dan akan dengan mudah mengikutinya.

Bidang Teknologi

19.    Usaha Servis Laptop

Memiliki keahlian memperbaiki laptop, komputer, atau gadget nampaknya bisa sangat menguntungkan di jaman serba modern. Hampir setiap rumah memiliki gadget, laptop, komputer, atau sekedar handphone. cukup manfaatkan kealian anda tersebut untuk mendapatkan keuntungan. hal sederana yang bisa anda lakukan diawal adalah promosikan mulai dari orang-orang terdekat anda. Setelah itu semua orang yang anda kenal tentang usaha anda ini.

peluang usaha servis laptop

Percayalah, setelah banyak orang yang mengetahui keahlian dan pelayanan anda maka orang-orang tersebutlah yang akan mempromosikan usaha anda tersebut dengan percuma atau gratis. Anda bisa membaca pengalaman saya saat menjadi tukang servis laptop di sini.

20.    Usaha Freelancer Online

Banyak sekali pilihan usaha freelance online yang bisa anda kerjakan. Diantaranya adalah menjadi penulis freelance dan lain – lain. Jika anda membuka fiver.com maka anda akan mendapati banyak sekali pilihan usaha freelance yang bisa anda kerjakan dan tentunya sesuai keahlian yang anda miliki.

usaha freelance

21.    Membangun Blog Komersial

Membangun blog gratis namun dengan tujuan komersil sepertinya sudah menjadi trend di kalangan anak muda dan profesional. Walaupun gratis, sebuah blog dengan pengunjung yang banyak tetaplah memiliki nilai ekonomis. Peluang penghasilan yang besar juga terbuka bagi anda yang serius menggeluti usaha ini. Baca selangkapnya di artikel tentang mendapat uang dari blog di sini.

membuat blog komersil

22.    Usaha Toko Online

Memiliki toko online adalah sebuah solusi bagi anda yang ingin memperluas jangkauan pasar dan meminimalkan pengeluaran yang dibutukan untuk sewa tempat atau kios untuk berjualan.

peluang usaha toko online

Namun jangan keliru, jaman sekarang ini orang yang tidak memiliki barang pun bisa tetap memiliki toko online dan berjualan dengan lancar. Dengan sistem dropship hal tersebut menjadi memungkinkan untuk terjadi.

Kebanyakan orang mengalami kesulitan saat pertama mengawali usaha toko online mereka yaitu mendapat kepercayaan dari konsumen. Karena memang transaksi online i inonesia masih rawan penipuan. Untuk menjawab masalah anda tersebut ada baiknya anda membaca artikel saya yang berisi tentang bagaimana memperoleh kepercayaan dimata konsumen dalam usaha toko online. di sini .

Nah, seperti itulah kurang lebih 22 peluang usaha dengan modal kecil yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Saya rasa artikel ini bisa sedikit banyak memberi gambaran dan referensi bagi anda dalam memilih usaha apa yang paling cocok untuk anda. Jika artikel ini bermanfaat anda bisa membantu blog ini dengan menekan tombol g+1 +Profbisnis  pada sidebar kanan sebelah atas blog ini. Sekian dan terimakasih anda sudah membaca artikel ini sampai habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *